Tim DKP Provinsi Kalimantan Barat Menemui KUB Pengelola Ikan di PPN Pemangkat

 PPN Pemangkat, 18 Oktober 2012
Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi dan Kabupaten bersama Humas PPN Pemangkat mengunjungi beberapa kelompok usaha pengelola Ikan hasil Perikanan di Desa Penjajap Timur.

Rombongan ini diketuai Ibu Ernawati dari DKP Prov. kalimantan barat, Dalam kunjungannya Ernawati bersama teman-teman meminta keterangan dari beberapa orang dikelompok-kelompok usaha bersama terkait pengelolaan ikan hasil perikanan baik menyangkut kendala  maupun hasil produksi.

Salah satu kelompok ditemui yaitu kelompok usaha MINA JAYA, Kelompok ini di ketuai Latifah yang memproduksi Ikan Asin Kering dan Terasi (balacan) yang mana pemasarannya dengan penjualan langsung ke agen ataupun dengan cara barter dipedesaan.

 Setiap kelompok KUB terdiri dari 17 anggota, Sementara kelompok KUB yang ada di Desa Penjajap dan sekitarnya berjumlah 7 kelompok yang rata produksi per orang setiap hari adalah:
#. Terasi (balacan) 20 Biji dimana 1 biji = 2 ons
#. Ikan Asin Kering 8 Kg / hari
Berarti produksi Terasi  119 orang X 20 Biji / hari = 2380 biji/hari, Sementara produksi ikan asin kering = 952 Kg / hari sungguh merupakan produksi yang perlu perhatian khusus dari pemerintah demi kemajuan masyarakat perikanan diwilayah Kab. Sambas dan Desa Penjajap khususnya.

 Rencanya melalui data ini pihak DKP akan menyalurkan beberapa bantuan sebagai bentuk perhatian kepada masyarakat Perikanan sebagai pengelola hasil perikanan yang mandiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Demi kemajuan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI kami memohon saran dan kritik anda melalui layanan ini atau di no 085825296056 untuk via sms.