PEMBINAAN KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUB) PENGOLAH IKAN “CEMPAKA”

Penyuluh Perikanan pada Pelabuhan Perikanan Nusantara Pemangkat

Pada hari Rabu tanggal 16 Februari 2011 tepatnya jam 15.00 WIB diadakan kegiatan pembinaan Kelompok pengolah ikan “Cempaka”. Kelompok “Cempaka” merupakan kelompok pengolahan ikan di Desa Penjajap RT 06 RW 01 Desa Penjajap Timur, Kecamatan Pemangkat, Kabupaten Sambas.
Kegiatan pembinaan kelompok ini dilaksanakan di rumah ibu RT 06 yaitu Ibu Darmi dan langsung dipimpin oleh petugas Penyuluh Perikanan Pelabuhan Perikanan Nusantara Pemangkat Aripudin,S.St.Pi yang didampingi oleh Mahasiswa Praktek Kerja Lapangan dari Universitas Tribhuana Tunggaldewi Malang Jurusan Agribisnis Saudara Fityan Mizfar.
Kegiatan pembinaan kelompok berlangsung dengan lancar dan pada saat sesi diskusi banyak pertanyaan dan kendala-kendala yang dihadapi oleh kelompok “Cempaka” dalam melakukan kegiatan usahanya diantaranya permodalan yang dimiliki masih terbatas, sarana dan prasarana kegiatan pengolahan masih terbatas dan sulitnya mendapatkan air bersih serta pengetahuan dan keterampilan mengenai kegiatan pengolahan ikan masih terbatas.
Untuk itu petugas penyuluh perikanan PPN Pemangkat Aripudin dan kelompok pengolahan ikan “Cempaka” mengharapkan kepada pemerintah Daerah dan Pusat melalui UPT Pelabuhan Perikanan Nusantara Pemangkat agar memperhatikan usaha-usaha masyarakat Nelayan yang masih tergolong usaha skala kecil untuk diperhatikan dengan serius dan pembinaan secara intensif baik dengan pembinaan kelompok secara rutin, bantuan sarana dan prasarana, permodalandan pelatihan tentang teknologi pengolahan.
Kegiatan pembinaan kelompok Cempaka dilakukan setiap satu bulan sekali yaitu setiap tanggal 16 tiap bulannya dan apabila ada perubahan jadual maka ada pemberitahuan terlebih dahulu. Kedepannya sebagai sarana untuk menstimulan anggota kelompok aktif dalam kegiatan kelompok dibuat door prize pada setiap kegiatan pembinaan kelompok, hadiahnya bermacam-macam seperti makanan ringan, minuman, peralatan rumah tangga dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Demi kemajuan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI kami memohon saran dan kritik anda melalui layanan ini atau di no 085825296056 untuk via sms.