Penyelenggaraan Rembang RKPD Kab. Sambas



Sambas, 8 Maret 2016
Penyelenggaraan Musrembang RKPD Kab. Sambas bertujuan untuk menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan daerah Kabupaten Sambas dengan arah kebijakan  dan sasaran pembangunan daerah Prov. Kalimantan Barat, mengklarifikasi usulan program dan kegiatan yang disampaikan masyarakat kepada pemerintah Kab. Sambas pada Musrembang Kecamatan.
Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya sekitar pukul 9.00 Wib ,Doa , Laporan Ketua Panitia kemudian sambutan Bupati Sambas, dr Hj Juliarti Djuhardi Alwi MPH dalam sambutannya pada pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah Kab Sambas Tahun 2017, di Aula Kantor Bupati Sambas, Selasa (8/3), mengatakan sebagai kesatuan komponen dalam pemerintahan daerah, harus mampu membangun kerjasama dalam membangun daerah. Dikatakan Bupati, baik eksekutif maupun legislatif harus satu visi dan pemahaman tentang pembangunan. "€œJangan sampai ada pihak-pihak yang mengatakan bahwa musrenbang tidak penting, bahwa musrenbang hanya angin," ingat Juliarti.
Dijelaskan Bupati, musrenbang adalah jembatan antara kepentingan perencanaan strategis jangka menengah dengan perencanaan dan penganggaran tahunan. Sehingga lanjut dia, dokumen perencanaan seperti Rencana Kerja Pembangunan Daerah dan Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah mempunyai peranan yang sangat strategis. "Kita sangat mengharapkan dukungan seluruh komponen atau lapisan masyarakat mewujudkan pembangunan, bawahan saya sudah bekerja sangat serius dan bekerja keras untuk pembangunan ini termasuk tahapannya yakni mempersiapkan Musrenbang. Jadi tidak selayaknya jika musrenbang ini dikatakan tidak penting," ujar dia.


Dituturkan Juliarti, jika kekompakan dan kebersamaan semakin ditingkatkan kualitasnya, dia yakin pelaksanaan pembangunan berlangsung kondusif. Kepala Bappeda Kab Sambas, Daryanto melalui Panitia Penyelenggara Musrenbang RKPD Kab Sambas Tahun 2017, Ali Rahman, mengatakan Musrenbang bermaksud sebagai sarana menjaring pendapat dalam penyempurnaan Rancangan Akhir RKPD Kab Sambas Tahun 2017. Ianya juga terang dia sebagai media konsultasi publik para pemangku kepentingan guna mewujudkan sinergitas, sinkronisasi, harmonisasi prioritas program dan kegiatan pembangunan daerah yang akan dituangkan dalam RKPD Kab Sambas tahun 2017.
"Tujuan dari musrenbang ini guna penajaman, penyelarasan, klasifikasi dan kesepakatan terhadap Rancangan RKPD Kab Sambas Tahun 2017 yang mencakup Program dan Kegiatan Prioritas pembangunan kabupaten dengan arah kebijakan prioritas dan sasaran pembangunan provinsi dan nasional serta usulan program dan kegiatan hasil musrenbang kecamatan,"€ papar dia. Selain itu, ditambahkan Kabid Perencanaan Ekonomi, diperlukan penajaman usulan program dan kegiatan yang telah disampaikan masyarakat kepada pemerintah kab sambas pada musrenbang RKPD kecamatan se-Kab Sambas, konsultasi publik, forum SKPD dan Pra Musrenbang Kabupaten.
Hal yang perlu mendapat penajaman, penyelarasan, klasifikasi dan kesepakatan lagi kata dia adalah indikator dan target kinerja program dan kegiatan pembangunan kab sambas tahun 2017, prioritas pembangunan daerah, rencana kerja dan pendanaannya dan sinergitas dengan RKPD Propinsi dan RKP tahun 2017.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Demi kemajuan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI kami memohon saran dan kritik anda melalui layanan ini atau di no 085825296056 untuk via sms.